Pengertian Berita, Definisi, Unsur dan Jenis Berita

Pengertian Berita, Definisi, Unsur dan Jenis Berita – Sahabat yang budiman, pada malam hari ini kita akan mengupas habis mengenai BERITA. Kita akan mengulas pengertian berita, definisi berita, unsur – unsur berita hingga jenis berita. Jika anda ingin menjadi pembawa berita yang baik, anda harus mengetahui pembahasan kita kali ini. Tanpa mengetahui pengetahuan dasar ini, anda akan menjadi pembawa berita yang kurang komplit dan bisa dibilang setengah matang.

Pengertian Berita

Willard C. Bleyer dalam Romli (2009:35) mengemukakan bahwa, “Berita adalah sesuatu yang baru yang dipilih oleh wartawan untuk dimuat dalam surat kabar sehingga menarik minat bagi pembacanya”, sedangkan menurut Eric C. Hepwood mengatakan bahwa, “berita merupakan suatu laporan pertama dari sebuah kejadian penting yang bisa menarik perhatian umum.”

Terdapat empat unsur yang membuat sebuah peristiwa itu layak diangkat menjadi berita, yaitu antara lain:

Unsur Berita

Unsur-unsur berita menurut Inung Cahya S antara lain:

  • What

Berita yang baik apabila terdapat unsur what, artinya berita tersebut bisa menjawab pertanyaan apa

  • Who

Sebuah berita dapat dikatakan yang baik apabila memenuhi unsur who, artinya terdapat keterangan yang faktual dari orang-orang yang terlibat dalam peristiwa.

  • When

Sebuah berita bisa dikatakan baik apabila dapat memenuhi unsur when, artinya bisa menyebutkan waktu kejadian peristiwa

  • Where

Sebuah berita bisa dikatakan baik apabila dapat memenuhi unsur where, artinya adanya gambaran tentang tempat kejadian yang lengkap.

  • Why

Sebuah berita bisa dikatakan baik apabila dapat memenuhi unsur why, artinya adanya sebuah latar belakang atau alasan terjadinya peristiwa

  • How

Sebuah berita dapat dikatakan baik apabila bisa memenuhi unsur how, artinya bisa menjelaskan kejadian suatu peristiwa dan akibat yang ditimbulkannya.

Jenis Berita

Menurut Sumadiria (2008:69-71), jenis berita dibagi menjadi tiga yaitu:

Berita Elementary

  1. Straight news report: memfokuskan diri pada laporan langsung dari sebuah peristiwa, misalnya sebuah pidato yang umumnya merupakan suatu berita yang langsung dan hanya menyajikan apa yang terjadi dalam waktu singkat.
  2. Depth news report: sang wartawan menyusun menyusun informasi berdasarkan fakta-fakta tentang suatu peristiwa untuk dijadikan sebagai informasi tambahan. Misalnya: dalam sebuah pidato pencalonan presiden, reporter akan lebih memasukkan pidato dari calon itu dibandingkan dengan pernyataan-pernyataan yang dikeluarkan oleh calon presiden tersebut.
  3. Comprehensive news: pada laporan ini berisi tentang fakta yang sifatnya menyeluruh.

Berita Intermediate

  1. Interpretative report: memfokuskan pada peristiwam isu ataupun masalah yang kontroversial. Akan tetapi fokus beritanya tetap berdasarkan fakta bukan opini.
  2. Feature story: dalam feature story ini penulis menyajikan sebuah berita dengan gaya penulisan dan humor yang membuat pembaca tertarik.Berita advence
  1. Depth reporting: merupakan sebuah laporan peristiwa yang aktual atau fenomenal yang bersifat tajam, lengkap, utuh dan mendalam.
  2. Investigative reporting: berita jenis ini umumnya memfokuskan diri pada masalah-masalah yang kontroversial. Meskipun demikan, dalam investigasinya para wartawan melakukan penyelidikan untuk dapat memperoleh fakta-fakta yang tersembunyi demi tujuannya. Bisanya dalam pelaksanaanya sering bersifat ilegal atau tidak etis.
  3. Editorial writing: berita penting yang penyajiannya ditafsirkan fakta dan opini dan dapat mempengaruhi pendapat umum.
  4. Unsur-unsur dalam pembuatan berita

Unsur-unsur dalam pembuatan berita dibagi menjadi empat yaitu:

  • Aktual
  • Faktual
  • Penting
  • Menarik

Teknik Membacakan Berita

Adapun hal-hal yang harus diperhatikan dalam membacakan berita adalah sebagai berikut:

  • Lafal
  • Tekanan nada
  • Intonasi
  • Jeda
  • Volume
  • Tempo

 

Informasi Pengertian :pengertian berita ,jenis jenis berita ,definisi berita ,jenis berita ,Materi berita ,materi tentang berita ,Jenis-Jenis berita ,unsur unsur berita ,pengertian laporan berita ,unsur berita