Pengertian Besaran dan Satuan Fisika Menurut Ahli

Pengertian Besaran dan Satuan Fisika Menurut Ahli – Sahabat yang baik hatinya dan memiliki semangat besar dalam belajar. Pada kesempatan kali ini kami ingin mengajak anda untuk belajar mengenai pengertian besaran dan pengertian satuan Fisika. Jika anda ingin mahir dalam bidang Fisika, anda harus tahu terlebih dahulu definisi besaran dan definisi satuan Fisika. Agar anda lebih mudah dalam mempelajari ilmu Fisika secara menyeluruh.

Pengertian Besaran Fisika

Besaran merupakan segala sesuatu yang bisa dihitung atau diukur dan bisa dinyatakan dalam bentuk angka yang mempunyai satuan-satuan tertentu. Dari pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa sesuatu itu bisa dikatakan sebagai besaran apabila mempunyai 3 syarat, yaitu: Dapat diukur atau dihitung, dapat dinyatakan dengan angka dan mempunyai nilai satuan. Jika salah satu syarat tersebut tidak terpenuhi, maka sesuatu itu tidak bisa dikatakan sebagai besaran.

Besaran berdasarkan cara mendapatkannya dibagi menjadi 2 macam, yaitu:

1. Besaran fisika

Adalah besaran yang dihasilkan dari sebuah pengukuran, oleh karena itu untuk menghitung besaran fisika harus ada alat ukurnya. Contoh : massa. Massa merupakan besaran fisika karena massa bisa diukur dengan menggunakan neraca.

2. Besaran Non-Fisika

Adalah besaran yang diperoleh melalui sebuah penghitungan. Alat yang digunakan pada besaran non-fisika ini adalah alat hitung, misalnya kalkulator. Contoh besaran non-fisika adalah jumlah.

Besaran fisika dibagi menjadi 4 macam yaitu:

  1. Besaran pokok: merupakan besaran yang nilai satuannya telah ditentukan berdasarkan kesepakatan para ahli fisika. Besaran pokok yang paling umum antara lain: panjang, massa, waktu, suhu, kuat arus listrik, intensitas cahaya, dan jumlah zat.
  2. Besaran turunan: merupakan suatu besaran yang diturunkan dari besaran pokok. Besaran ini ada berbagai macam. Contohnya: gaya diturunkan dari besaran pokok massa, panjang dan waktu. Ciri khusus dari besaran turunan adalah bisa diukur secara langsung atau tidak langsung, mempunyai satuan lebih dari satu dan dan bisa diturunkan oleh besaran pokok.
  3. Besaran vektor: merupakan besaran yang memiliki nilai dan arah, contohnya: kecepatan dan gaya.
  4. Besaran skalar: merupakan suatu besaran yang Cuma memiliki nilai saja, contohnya: massa dan laju

Pengertian Satuan Fisika

Satuan didefinisikan sebagai alat ukur pembanding besaran. Dalam setiap besaran mempunyai satuannya masing-masing. Sangat tidak mungkin jika 2 besaran yang berbeda mempunyai satuan yang sama. Jika terdapat dua besaran yang berbeda tetapi memiliki satuan yang sama, maka besaran itu sesungguhnya adalah besaran yang sama. Misalnya: gaya mempunyai satuan newton dan berat mempunyai satuan newton. Kelihatannya besaran tersebut berbeda, tetapi pada kenyataan besaran itu sama yaitu sama-sama besaran turunan gaya.

Satuan Fisika dibagi menjadi 2 yaitu :

  1. Satuan baku adalah satuan yang biasanya digunakan secara umum atau bisa disebut juga satuan standar.
  2. Satuan tak baku adalah satuan yang digunakan didaerah setempat.
Informasi Pengertian :pengertian satuan ,pengertian besaran ,pengertian besaran dan satuan ,yhsm-plushome_001 ,pengertian besaran menurut para ahli ,pengertian satuan dalam fisika ,pengertian satuan dan contohnya ,pengertian besaran menurut sumber buku ,tujuan satuan dan besaran ,pengertian besaran satuan fisika