Pengertian Bursa Efek, Definisi Menurut Para Ahli

Pengertian Bursa Efek, Definisi Menurut Para Ahli – Sahabat yang sedang antusias belajar, mungkin anda pernah mendengar sedikit mengenai Bursa Efek. Apa sih pengertian Bursa Efek itu? kita akan mengulas definisi Bursa Efek secara terperinci disini. Selain itu, kita akan kupas tuntas mengenai hal – hal yang bisa diperjual-belikan melalui bursa efek. Anda harus melek dengan pengetahuan bursa efek ini, karena perannya cukup penting dalam pergerakan perekonomian Indonesia.

Pengertian Bursa Efek

Bursa efek ialah suatu kelompok yang mengadakan dan menyiapkan sistem atau sarana prasarana untuk mempertemukan penawaran dan permintaan efek pihak-pihak lain yang tujuan utamanya untuk memperdagangkan efek diantara mereka.

Bursa efek atau bursa saham merupakan sebuah pasar yang mempunyai hubungan dengan pembelian ataupun penjualan efek perusahaan yang telah terdaftar pada bursa tersebut. Sumber utama permodalan eksternal bagi perusahaan dan juga pemerintah adalah dari bursa efek dan pasar uang.

Bursa efek merupakan suatu lembaga sentral dimana kekuatan penawaran dan permintaan dari sebuah efek tertentu dipertemukan dan seluruh perdagangan dilakukan pada satu tempat dan dibawah peraturan khusus.

Kategori Keanggotaan Anggota atau Member Bursa

Agar seseorang atau perusahaan bisa melakukan perdagangan efek hal yang harus dilakukan adalah mendaftar dulu menjadi anggota atau member bursa. Keanggotaan ini dibagi menjadi 3 (tiga) kategori utama, antara lain:

1. Melakukan transaksi untuk klien

  • Pialang komisi (commision broker): kontribusinya 52%, pekerjaannya melangsungkan transaksi penjualan dan pembelian saham serta obligasi sesuai permohonan klien.
  • Pialang obligasi (bond broker): kontribusinya 2%, pekerjaannya adalah sebagai pialang komisi yang hanya melaksanakan transaksi obligasi untuk kliennya.

2. Melakukan transaksi untuk anggota lain

  • Pialang independen (independen broker): kontribusinya 10%, pekerjaannya adalah mengerjakan pesanan untuk pialang lain, yang tidak bisa mengerjakan akibat aktivitas pasar yang sangat tinggi.
  • Spesialis (specialist): kontribusinya 29%, pekerjaannya adalah mencarikan jalan kehidupan pasar agar dapat terus menerus dan melakukan transaksi odd-lot.

3. Melakukan transaksi untuk diri sendiri

  • Pedagang terdaftar (registered trader): kontribusinya 4%, pekerjaannya membeli dan menjual efek untuk diri sendiri serta harus menaati peraturan demi melindungi publik.

Seluruh transaksi dilaksanakan pada lantai bursa, atas dasar auction process (proses lelang). Tujuannya adalah untuk memadati seluruh pesanan pembelian pada harga yang paling murah dan juga untuk memadati seluruh pesanan penjualan pada harga yang paling mahal, seinnga membuat pembeli ataupun menjual bisa mendapatkan hasil yang seoptimal mungkin.

Hal – Hal Yang Diperjual-belikan di Bursa Efek

  1. Saham ialah suatu surat berharga yang merupakan tanda kepemilikan seseorang atau badan terhadap sebuah perusahaan. Pengertian saham ini artinya yaitu surat berharga yang dikeluarkan oleh suatu perusahaan yang berbentuk Perseroan Terbatas (PT) atau disebut juga emiten. Saham menyatakan bahwa pemilik sahat tersebut merupakan juga pemilik sebagian dari perusahaan itu. Dengan kata lain kalau seorang investor membeli saham, maka ia pun menjadi pemilik atau pemegang saham perusahaan.
  2. Obligasi merupakan surat utang jangka menengah – panjang yang bisa dipindah tangankan. Isinya berupa janji dari pihak yang telah menerbitkan untuk membayar imbalan berupa bunga pada periode tertentu dan melunasi pokok utang pada waktu yang telah ditentukan kepada pihak pembeli obligasi tersebut.
Informasi Pengertian :pengertian bursa efek ,pengertian bursa efek indonesia ,Definisi Bursa Efek ,apa itu bursa efek ,pengertian bursa saham ,bursa efek adalah ,pengertian efek menurut para ahli ,saham efek menurut para ahli ,Pengertian bursa efek dan jenis efek ,pwngwrtian bursa efek