Pengertian, Definisi Cerpen dan Struktur Menurut Ahli

Pengertian, Definisi Cerpen dan Struktur Menurut Ahli – Pada kesempatan ini kita akan secara khusus mengulas pengertian cerpen, definisi cerpen, struktur cerpen menurut para ahli. Ditambah dengan poin penting lainnya seperti mengetahui unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik cerpen.

Pengertian Cerpen

Cerpen atau cerita pendek adalah sebuah karangan fiksi berbentuk prosa yang singkat dan pendek yang unsur ceritanya berpusat pada suatu peristiwa pokok. Dinamakan cerita pendek karena ceritanya kurang dari 10.000 (sepuluh ribu) yang memberikan kesan tunggal yang dominan dan memusatkan diri pada satu karakter tokoh dalam situasi atau suatu ketika.

Berikut ini adalah pengertian cerpen menurut beberapa ahli:

  • Menurut Wikipedia: Cerita pendek adalah suatu bentuk prosa naratif fiktif
  • Menurut Edgar Allan Poe dalam Burhan Nurgiyantoro (2002): Cerpen atau cerita pendek adalah sebuah cerita yang selesai dibaca dalam sekali duduk, kira kira selama 30 menit hingga 2 jam-atau suatu hal yang sekiranya waktu membaca tidak mungkin dilakukan untuk novel.
  • Menurut Menurut Susanto dalam Tarigan (1984): Cerpen ialah cerita yang penjangnya sekitar 5000 kata atau kira-kira 17 halaman kuarto spasi rangkap yang terpusat dan lengkap pada dirinya sendiri.

Struktur Cerpen

Dalam suatu cerpen terdapat kerangka atau struktur cerpen. Terdapat 6 sktruktur cerpen antara lain:

  1. Abstrak – merupakan gambaran awal suatu cerita atau inti cerita yang akan dikembangkan menjadi sebuah rangkaian-rangkaian kejadian.
  2. Orientasi – merupakan suatu hal yang burhubungan dengan tempat, waktu, atau suasana yang berhubungan dengan cerita.
  3. Komplikasi – merupakan sebuah urutan kejadian yang saling berhubungan dan merupakan sebuah kejadian sebab akibat dalam sebuah cerita. Dalam struktur ini watak atau karakter dari tokoh mulai terlihat hal ini dikarenakan oleh permasalahan kompleks yang mulai bermunculan.
  4. Evaluasi – merupakan struktur konflik yang terjadi dalam sebuah cerita yang mengarah pada akhir suatu cerita dan pada struktur ini sebuah cerpen mulai mendapat penyelesaian dari konflik yang ada.
  5. Resolusi – pada struktur ini tokoh atau pelaku dalam cerita mulai mendapatkan solusi dari pengarang untuk suatu permasalahan yang dihadapinya.
  6. Koda – merupakah hikmah atau pelajaran yang terkandung dalam sebuah cerita.

Unsur Intrinsik Cerpen

  1. Tema – yaitu pokok gagasan yang menjadi pengembangan cerita pendek.
  2. Plot atau Alur – yaitu rangkaian peristiwa yang direka dan dijalin dengan seksama. Garis besar dari alur cerita adalah sebagai berikut: perkenalan -> muncul permasalahan atau konflik -> peningkatan masalah -> puncak masalah atau klimaks -> penurunan masalah -> penyelesaian.
  3. Setting atau Latar – merupakan segala macam hal yang berkaitan dengan tempat, waktu dan suasana dalam sebuah cerita.
  4. Tokoh atau Pelaku – merupakan pelaku dalam cerita. Tiap tokoh mempunyai sikap, sifat, watak dan juga kondisi fisik yang disebut dengan karakter atau perwatakan. Dalam setiap cerita terdapat tokoh protagonis atau tokoh utama, tokoh antagonis atau tokoh lawan tokoh protagonis dan tokoh figuran atau pendukung.
  5. Penokohan – yaitu pemberian watak atau karakter pada setiap tokoh dalam sebuah cerita. Watak yang telah ditentukan akan tercermin pada ucapan, tindakan, pikiran serta pandangan ttokoh terhadap peristiwa yang terjadi.
  6. Sudut Pandang – merupakan posisi pengarang dalam memandang suatu peristiwa dalam sebuah cerita. Sudut pandang atau kata ganti orang dibagi menjadi 3 macam, yaitu:
  7. Sudut pandang orang pertama ditandai dengan kata: aku, saya, kami, kita dll
  8. Sudut pandang orang kedua ditandai dengan kata: kamu, engkau, kalian, engkau, saudara, bapak, dll
  9. Sudut pandang orang ketiga ditandai dengan kata: ia, dia, beliau, mereka, dll
  10. Amanat atau Pesan – yaitu amanat atau pesan pengarang kepada pembaca atau pendengar yang biasanya berupa harapan, nasehat dan lain sebagainya.

Unsur Ekstrinsik Cerpen

1. Latar Belakang Masyarakat

Merupakan kondisi sosial masyarakat yang berada disekitar penulis yang berpengaruh terhadap terciptanya sebuah cerita.

2. Latar Belakang Pengarang

Merupakan kehidupan pengarang dan kejiwaan berpengaruh terhadap proses penciptaan karya sastra

Ciri-Ciri Cerpen

  • Kurang dari 10.000 (sepulu ribu) kata.
  • Bentuk tulisan singkat yang pastinya lebih pendek dari Novel.
  • Isi cerita umumnyan dari kehidupan sehari-hari
  • Penokohan dalam cerpen sangat sederhana
  • Fiktif
  • Hanya ada satu alur
  • Habis dibaca sekali duduk
  • Kata-kata yang digunakan mudah dipahami oleh pembaca
  • Mengangkat sebagian peristiwa saja dalam hidup tidak seluruhnya
  • Kesan dan pesan yang ditinggalkan sangatlah mendalam sehingga si pembaca merasakan isi dari cerpen tersebut
Informasi Pengertian :pengertian cerpen ,definisi cerpen ,pengertian cerpen menurut para ahli ,definisi cerpen menurut para ahli ,struktur cerpen ,cerpen menurut para ahli ,Defenisi cerpen ,devinisi cerpen ,pengertian cerita pendek ,pengertian cerpen menurut Nurgiyantoro