Pengertian Diagram, Definisi dan Jenis Diagram

Pengertian Diagram, Definisi dan Jenis Diagram – Kesempatan belajar pasti datang dalam banyak waktu, pada kesempatan ini kita akan belajar mengnai Diagram, dimulai dari definisi Diagram dan pengertian Diagram itu sendiri, kemudian disusul dengan pembahasan jenis-jenis Diagram.

Dalam artikel ini akan kita membahas tentang pengertian diagram dan jenis-jenisnya.  Selain itu dalam artikel ini  juga  akan disajikan beberapa contoh dari jenis-jenis diagram. Diagram adalah sebuah gambaran yang digunakan untuk menjelaskan suatu data dalam bentuk grafik, garis atau tabel. Diagram digunakan untuk mempermudah pengguna data dalam menganalisis data dengan tampilan yang mudah dipahami dan lebih menarik. Diagram biasanya berisi data-data statistik baik berupa nominal ataupun skala.

Definisi dan Pengertian Diagram

Diagram banyak digunakan kalangan perusahaan dalam mempresetasikan data keuangan ataupun data lainya.  Dengan tampilan yang ringkas, padat dan menarik membuat diagram lebih digemari para penyaji materi dalam menajikan data yang telah ia peroleh. Selain itu penyaji dapat mengunakan diagaram yang sesuai dengan kebutuhan dan jenis data yang akan di paparkan. Adapun jenis-jenis diagram sebagi berikut:

1. Diagram Garis

Diagram garis adalah diagram yang penyajian datanya  memakai  garis. Baik garis lurus, kurva ataupun garis putus-putus. Diagram garis umumnya digunakan untuk menyajikan data statistik yang diperoleh berdasarkan pengamatan dari waktu ke waktu secara berurutan. Untuk pengunaaanya biasanya sumbu X digunakan untuk menunjukkan waktu pengamatan. Sedangkan sumbu Y digunakan untuk menunjukkan nilai hasil pengamatan pada waktu-waktu tertentu.  Waktu dan hasil pengamatan dikumpulkan melaui  titik-titik pada bidang XY.

Kemudian kolom dari tiap-tiap titik yang berdekatan dihubungkan dengan garis sehingga akan menghasilkan diagram garis atau sering disebut juga grafik garis. Misalnya, kita akan membuat  diagram garis dari data sensus penduduk indonesia dari tahun 2000 sampai 2015. Pada sumbu x kita dapat menulisakan tahun mulai dari 2000 sampai 2015 dan pada sumbu y kita dapat menuliskan angka atau nilai hasil yang diperoleh. Biasanya angka tersebut berupa sekala mulai dari 0 sampai angka hasil tertinggi yang diperoleh dalam penelitian. Contoh : 0,500, 1000, 1500, 2000, dst.

2. Diagram Lingkaran

Diagram lingkaran adalah diagram yang penyajian datanya memakai lingkaran.  Diagram ini biasanya digunakan untuk menyajikan data yang berupa presen. Karena keliling sebuah lingkaran penuh mewakili 100%. Dan bagian-bagian dari daerah lingkaran tersebut mewakili hasil masing-masing persentase suatu data.dalam membuat diagram lingkaran ada beberapa hal yang harus kita perhatikan, pertama-tama kita tentukan terlebih dahulu besar persentase tiap objek terhadap keseluruhan data  dan kemudian kita tentukan besarnya sudut masing-masing kelompok data. Untuk menetukan presentase suatu kelompok data dapat kita laukan dengan cara jumlah suatu kelompok data di bagi dengan jumlah total seluruh data di kali 100%. Dan untuk menentukan besar sudutnya dapat kita lakukan dengan cara membagi hasil presentase kelompok data dengan 3600.

Yang kedua kita tentukan warna masing-masing kelompok data. Warna tersebut digunakan untuk mebedakan antara kelompok data satu dan lainnya. Misalnya, kita akan membuat diagram lingkaran dari data hobi siswa SD. Macam-macam hobi yang kita peroleh kita kelompokkan berdasarkan jenisnya. Lalu kita tentukan presentase, besarsudut dan warna dari masing-masing hobi dengan cara seperti yang sudah di jelaskan diatas.

3. Diagram Batang

Diagram batang adalah diagram yang penyajian datanya memakai persegi panjang. Baik dengan posisi tegak ataupun mendatar. Basanya diagram ini digunakan untuk menggambarkan perkembangan nilai nilai suatu objek penelitian dalam jangka waktu tertentu. Pada sumbu x dapat kita isikan kurun waktu yang kita inginkan, sedangkan sumbu y dapat kita isikan angka yang menunjukan jumlah suatu data.

Diagram batang hampir sama dengan diagram garis, hanya saja diagram ini mengunakan persegi panjang sebagai betuk hasil datanya. Misalnya, kita ingin membuat diagram batang dari sensus penduduk jakarta tahun 2005 sampai 2010. Dengan interval angka 0-10.000 jiwa. Maka kita dapat mengunkan diagram batang tegak dengan tahun sebagai sumbu x nya dan sumbu y sebagai interval angkanya.

4. Diagram Batang Daun

Diagram batang daun adalah diagram yang penyajiannya mengunakan tabel yang di kelompokkan dengan kolom batang dan kolom daun. Pada diagram batang daun, data yang telah didapat dikelompokkan dan diurutkan terlebih dahulu dari data yang terkecil sampai data  yang terbesar. Diagram ini terdiri dari dua bagian yang sangat pokok, yakni batang dan daun. Pada bagian batang memuat angka puluhan dan bagian daun memuat angka satuan. Diagram ini sangat berbeda debgan diagram batang atau diagram garis. Karena dalam diagram ini data yang diperoleh disajikan dalam bentuk angka yang terdapat di dalam tabel.

Misalnya, kita akan membuat diagram batang daun dari data nilai ulangan harian siswa SMP. Maka kita dapat mengelompokkan data tersebut mulai dari nilai yang terendah sampai nilai yang tertinggi. Kemudian pada kolom batang kita isikan angka yang mewakili puluhan dan pada kolom daun kita isikan angka yang mewakili satuan. Misal 53, maka kita tulis angka 5 pada kolom batang dan angka 3 pada kolom daun.

5. Diagram Kotak Garis

Diagram kotak garis adalah diagram yang penyajiannya menggunakan persegi panjang di sertai garis. Statistik yang gunakan untuk menggambarkan diagram kotak garis yaitu statistik Lima Serangkai, yang dimana terdiri dari data yang terkecil dan data yang terbesar. Statistik lima serangkai dikelompokkan menjadi 5 bagian yaitu nilai minimal , nilai ¼ dari seluruh jumlah data atau disebut quartil 1 (Q1), nilai ½  dari seluruh jumlah data atau disebut quartil 2 (Q2), nilai 3/4 dari seluruh data atau disebut quartil 3 (Q3) dan nilai maksimal.

Sekian pembahasan mengenai pengertian diagram dan jenis-jenisnya. Semoga bermanfaat.

Informasi Pengertian :pengertian diagram ,pengertian diagram batang ,pengertian diagram lingkaran ,jenis jenis diagram ,diagram batang ,pengertian diagram titik ,fungsi diagram ,pengertian diagram warna ,definisi diagram ,pengertian diagram garis