Pengertian Lingkungan Sosial, Tujuan dan Jenis

Pengertian Lingkungan Sosial, Tujuan dan Jenis – Sahabat yang budiman, kita lanjut belajar yuk malam ini. Pada malam yang tenang ini kita akan mengupas masalah pengertian Lingkungan Sosial. Lingkungan sosial memiliki tujuan dan jenis – jenisnya sendiri, kita akan kupas semuanya setelah ini.

Pengertian Lingkungan Sosial

Pengertian Lingkungan sosial ialah sebuah tempat dimana warga atau masyarakat melakukan interaksi atau bergaul secara bersama-sama. Lingkungan sosial sangatlah penting karena sebagai pembentuk kepribadian seseorang. Misalnya: kerja bakti, gotong royong, sekolah, pkk. Lingkungan sosial dibagai menjadi beberapa tingkat. Tingkat pertama adalah keluarga. Keluarga adalah lingkungan sosial yang mempunyai pengaruh paling besar terhadapa perilaku seseorang, utamanya anak-anak. Tingkat selanjutnya adalah sekolah, disitu kita dapat mengembangkan pelajaran bersosialisasi yang diberikan dari keluarga ke lingkungan sekolah, kita dapat berinteraksi dengan teman-teman sekolah, guru, karyawan sekolah, ataupun dengan pedagang yang menjual jajanannya di luar sekolah.

Di dalam sekolah ini kita bisa bersosialisasi dengan seluas-luasnya dengan ikut organisasi atau pun kegiatan ekskul-ekskul yang ada didalamnya. Selanjutnya tingkatan yang paling tinggi dari sekolah adalah perkuliahan, di dalam perkuliahan ini juga terdapat organisasi-organisasi yang mempunyai jangkauan yang lebih luas dan kita diberikan kebebasan lebih untuk mengungkapkan pendapat kita ke dalam organisasi ini dan merupakan sebuah wadah kita untuk mempersiapkan diri terjun dalam lingkungan masyarakat. Lalu tingkat selanjutnya lagi adalah lingkungan kerja. Lingkungan kerja adalah sebuah lingkungan yang paling dekat dengan masyarakat dan jangankauannya juga yang paling luas. Tingkatan yang paling akhir adalah lingkungan masyarakat yang akan kita temui saat kita sudah cukup siap dan dewasa untuk bisa terjun di dalamnya.

Jenis Jenis Lingkungan Sosial

Lingkungan sosial dibedakan menjadi dua jenis, yaitu:

  1. Lingkungan sosial primer: merupakan sebuah lingkungan sosial yang paling erat hubungannya antara anggota satu dengan lainnya dan saling mengenal baik.
  2. Lingkungan sosial skunder: merupakan sebuah lingkungan sosial yang hubungan anggota satu dengan lainnya agak longgar.

Tujuan Dibangunnya Hubungan Sosial

  1. Untuk membangun rasa senasib dan sepenanggung diantara mereka
  2. Agar tertanam rasa toleransi diantara manusia
  3. Agar timbul rasa kesadaran bahwa setiap manusia saling memiliki ketergantungan antara satu dengan lainnya
  4. Salah satu keberartian seseorang terdapatnya nilai-nilai demokrasi yang tumbuh dan dimiliki sebagai sikap menghargai perasaan serta pendapat sesama yang pada gilirannya menciptakan suatu kesatuan sosial.
Informasi Pengertian :lingkungan sosial ,Pengertian lingkungan sosial ,contoh lingkungan sosial ,jenis lingkungan sosial ,lingkungan sosial adalah ,pengertian lingkungan masyarakat ,jenis jenis lingkungan sosial ,apa itu lingkungan sosial ,apa yang dimaksud dengan lingkungan sosial ,tujuan lingkungan sosial