Pengertian Prinsip Ekonomi, Jenis, Ciri + Contohnya

Pengertian Prinsip Ekonomi, Jenis, Ciri + Contohnya – Sahabat yang baik hatinya, kita lanjutkan pembahasan kita hari ini pada pembahasan mengenai pengertian prinsip Ekonomi. Prinsip Ekonomi adalah pedoman yang harus diterapkan oleh siapapun yang ingin maju dalam bidang perekonomian. Admin akan menjelaskan secara detail mengenai ciri – ciri prinsip Ekonomi dan jenis prinsip Ekonomi, dan tentu akan disertai juga dengan contoh prinsip Ekonomi yang bisa kita temui di masyarakat.

Jika kita amati dengan seksama, kebutuhan manusia seperti tidak ada batasnya. Kebutuhan yang sangat baya dan biaya yang dikeluarkan terbatas maka terbentuklah sesuatu yang dinamakan dengan prinsip ekonomi. Apa itu prinsip ekonomi? Berikut ini penjelasannya.

Pengertian Prinsip Ekonomi

Prinsip ekonomi ialah  mengorbankan sesuatu sekecil mungkin untuk mendapatkan hasil tertentu. Definisi yang lain adalah mengorbankan sesuatu seminimal mungkin, untuk mendapatkan kepuasan keputusan tertentu. Prinsip ekonomi memberi keuntungan supaya kita dapat mencapai keefesienan dan keefektifan yang tinggi.

Contoh Prinsip Ekonomi

Misalnya ketika kita ingin membeli suatu barang kita pasti akan mencari barang yang ada potongan harganya atau diskon. Dan atau kita membandingkan harga barangnya dari toko satu ke toko lainnya sebelum membeli barang tersebut, sehingga kita dapat berajar hidup hemat.

Ciri Ciri Prinsip Ekonomi

  • Selalu hemat
  • Selalu mengutamakan kebutuhan yang paling mendesak
  • Bertindak secara ekonomis dan rasional serta membuat perencanaan yang matang dalam menentukan suatu kebutuhan.
  • Bergerak dengan prinsip, pengeluaran biaya dulu baru hasil yang didapat.

Jenis Prinsip Ekonomi

Jenis-jenis prinsip ekonomi dibagi menjadi 3 macam, yaitu:

  1. Prinsip produsen

Adalah suatu prinsip ekonomi dimana seorang produsen dalam hal penentuan bahan baku, alat maupun biaya produksinya menekan harganya serendah mungkin dalam menghasilkan produk yang berkualitas bagus.

  1. Prinsip pedagang/penjual

Adalah suatu prinsip ekonomi untuk menarik minat atau selera konsumen atau pelanggan dengan cara promosi atau iklan, pemberian reward hadiah dan lain sebagainya gunanya agar pedagan/penjual dapat meraup keuntungan dari kegiata tersebut.

  1. Prinsip pembeli

Adalah suatu prinsip ekonomi bagaimana caranya agar kita mendapatkan produk barang atau jasa dengan harga yang sangat murah tetapi memiliki kualitas yang baik.

Yang Dihasilkan dari Prinsip Ekonomi

Yang dihasilkan dari prinsip ekonomi adalah sebagai berikut:

  1. Bertindak ekonomis

Bertindak ekonomis artinya dalam memenuhi kebutuhan sehari-harinya selalu dipikirkan terlebih dahulu secara matang dan selalu berpegang teguh pada prinsip ekonomi. Seseorang dapat dikatakan bertindak ekonomis jika antara hasil dan pengorbanan yang dilakukannya seimbang, atau kebutuhannya terpenuhi dengan biaya yang dikeluarkannya sekecil mungkin.

  1. Berpikir ekonomis

Berpikir secara ekonomis maksudnya bagaimana cara kita memakai sumber daya yang sudah ada dan diolah menjadi sesuatu yang memiliki nilai guna yang lebih. Seseorang dapat dikatakan berpikir ekonomis jika orang itu telah melakukan tindakan produksi.

Informasi Pengertian :prinsip ekonomi menurut para ahli ,prinsip ekonomi dan jenisnya ,apa itu prinsip ekonomi ,prinsip ekonomi menurut pendapat para ahli ,prinsip ekonomi & jenis - jenisnya ,pengertian prinsip ekonomi ,manfaat berpegang teguh pada prinsip ekonomi ,macam prinsip ekonomi ,jelaskan prinsip ekonomi yang di kemukakan oleh para ahli ,definisi prinsip ekonomi menurut para ahli