Pengertian Rantai Makanan, Contoh + Definisi

Pengertian Rantai Makanan, Contoh + Definisi – Sahabat budiman, pada kesempatan ini admin akan membahas mengenai pengertian rantai makanan beserta contohnya. Contoh rantai makanan meliputi rantai makanan di darat dan rantai makanan di air atau di laut.

Pengertian Rantai Makanan

Rantai makanan ialah merupakan sebuah rangkaian peristiwa antara mahluk hidup dalam hal makan dan dimakan dalam urutan-urutan tertentu. Dalam suatu rantai makanan mahluk hidup ada yang berperan sebagai produsen, konsumen dan pengurai. Sedangkan tingkat trofik merupakan suatu bentuk rantai makanan dalam sebuah ekosistem.

Pada tingkat trofik, organisme yang berperan sebagai menjadi produsen adalah tumbuh-tumbuhan yang dapat membuat zat makan sendiri. Lalu yang berperan sebagai konsumen primer (konsumen tingkat I) adalah hewan herbivora/pemakan tumbuhan. Sedangkan yang berperan sebagai konsumen skunder (konsumen tingkat II) adalah hewan carnivora/pemakan daging, dan seterusnya. Sedangkan organisme tertinggi pada tingkat trofik atau konsumen puncak diduduki oleh omnivora/pemakan segala.

Dibawah ini adalah contoh rantai makanan dan keterangannya secara jelas

Contoh Rantai Makanan di Darat

  1. Tumbuhan menyerap dan memakai sinar matahari untuk menghasilkan makanan dalam bentuk gula dan akan disimpan ke dalam biji, batang, buah dan tempat penyimpanan lainnya.
  2. Tikus (konsumen tingkat I) akan memakan tumbuhan tersebut. Lalu makanan tersebut di ubah menjadi energi untuk aktivitasnya dan bereproduksi.
  3. Ular (konsumen tingkat II) akan memakan tikus. Ular memakan tikus, agar ular tersebut bisa bertahan hidup.
  4. Burung elang (konsumen puncak), akan memakan ular. Elang memakan ular, agar elang mendapat energi dan bertahan hidup.’
  5. Saat burung elang mati ia akan membusuk. Pada proses pembusukan inilah ia akan diuraikan oleh mikroorganisme seperti bakteri kemudian akan diserap oleh tanah tempat tanaman seperti rerumputan tumbuh.

Contoh Rantai Makanan di Air atau Laut

  1. Phytoplankton (produsen). Phytoplankton merupakan produsen dalam ekosistem perairan karena kemampuannya dalam berfotosintesis, menghasilkan cadangan makanan (amylum).
  2. Ikan (konsumen tingkat I), akan memakan phytoplankton. Lalu makanan tersebut di ubah menjadi energi untuk kelangsungan hidupnya.
  3. Anjing laut (konsumen tingkat II), akan memakan ikan. Karena ikan adalah salah satu makanan anjing laut.
  4. Paus pembunuh (konsumen puncak), akan memakan anjing laut. Anjing laut dimakan oleh paus pembunuh agar paus pembunuh mendapatkan energi untuk dapat bertahan hidup.
  5. Saat paus mati, ia akan membusuk. Pada proses pembusukan inilah ia akan diuraikan oleh mikroorganisme seperti bakteri kemudian akan diserap oleh ekosistem laut seperti rerumputan laut dll.
Informasi Pengertian :arti pantun hidup di air dan darat ,contoh fefinisi tentang makanan ,pengertian dari rantai endless