Pengertian Transaksi, Buku Transaksi dan Jenis

Pengertian Transaksi, Buku Transaksi dan Jenis – Sahabat yang kami cinta, melanjutkan pembahasan kita mengenai dunia ekonomi hari ini, kita akan melangkah pada pembahasan lain yang tetap pada tataran masalah ekonomi, yaitu transaksi. Sudah tahukan kalian mengenai pengertian transaksi, jenis – jenis transaksi itu apa saja, dan seperti apa bukti transaksi itu? Simak ya biar tahu.

Pengertian Transaksi

Transaksi merupakan suatu bentuk kegiatan dalam perusahaan yang dapat menimbulkan perubahan posisi keuangan perusahaan, contohnya seperti menjual, membeli, menggaji, serta membayar berbagai macam biaya lainnya. Sedangkan pencatatan berbagai perubahan posisi keuangan suat perusahaan yang dilakukan dengan metode-metode tertentu dan secara kronologis yang nantinya dapat di bicarakan dengan pihak lain dinamkan administrasi transaksi.

Transaksi keuangan merupakan suatu bentuk kegiatan ekonomi yang dapat mengubah posisi keuangan sebuah perusahaan yang bisa diukur dengan satuan uang tertentu. Transaksi bisnis merupaka kegiatan dasar yang mendefinisikan status dalam bisnis.

Jenis Jenis Transaksi

Transaksi dalam suatu perusahaan dibagi menjadi 2 , yaitu:

  1. Transaksi internal: sebuah transaksi yang melibatkan bagian-bagian yang ada dalam perusahaan dan lebih menekankan pada perubahan posisi keuangan dalam perusahan yang terjadi diantara bagian-bagian perusahaan. Seperti: perubahan nilai dari harta kekayaan karena penurunan, penggunaan perlengkapan kantor. Atau tepatnya di buat dan dikeluarkan oleh perusahaan itu sendiri. Bisa juga diartikan sebagai bukti pencatatan dari suatu kejadian-kejadian yang ada didalam perusahaan, misalnya: penghapusan piutang usaha, pengalokasian beban, dan lain-lain.
  2. Transaksi eksternal: sebuah transaksi yang melibatkan pihak luar. Seperti: transaksi penjualan, pembelian, pembayaran hutang piutang dan lain-lain.

Bukti Transaksi

Bukti transaksi yaitu sebuah bukti tertulis atas terjadinya tiap kegiatan transaksi dalam sebuah bisnis. Sedangkan manfaat dari bukti transaksi ialah sebagai alat bukti untuk menghindari terjadinya sengketa dimasa yang akan datang. Bukti transaksi dibedakan menjadi 2 yaitu:

  1. Bukti transaksi internal

yaitu sebuah bukti transaksi yang terjadi didalam suatu perusahaan. Biasanya berupa memo dari pimpinan atau orang yang ditunjuk.

  1. Bukti transaksi eksternal

yaitu sebuah bukti transaksi yang melibatkan pihak luar perusahaan. Bukti-bukti tersebut seperti, Faktur, kwitansi, nota debet, cek, bilyet giro, rekening koran, dan lain sebagainya.

Informasi Pengertian :pengertian transaksi ,pengertian transaksi menurut para ahli ,buku transaksi ,definisi transaksi ,transaksi menurut para ahli ,apa yang dimaksud transaksi ,pengertian transaksi pembelian ,pengertian transaksi penjualan ,pengertian buku transaksi menurut para ahli ,pengertian transaksi bisnis perusahaan